Minggu, 30 Desember 2012

Network Service, Arsitektur dan Komunikasi Data


Pengertian Network 

Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung yang mana terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya seperti: kabel, switch, HUB, router, dll yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

 kriteria network

     1.      Berdasarkan skala :
        Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu computer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
          Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
         Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

     2.      Berdasarkan fungsi :
        Client-server  yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server.
        Peer-to-peer yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.

     3.      Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Topologi bus
Topologi bintang/star
Topologi cincin/token ring
Topologi mesh
Topologi pohon
Topologi linier
    
     4.      Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
       Jaringan terpusat : Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
      Jaringan terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

     5.      Berdasarkan media transmisi data
       Jaringan Berkabel (Wired Network) pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan.          Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
        Jaringan Nirkabel(WI-FI) merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

 Jenis-jenis network devices

·       Terdapat empat jenis network service, yaitu: user management, email, printing, dan system administration.
·       User management terdiri dari berbagai macam layanan, dari pembuatan user name dan password sampai dengan alokasi hak rights, privileges, dan access. Sebagai contoh, jika terdapat seorang karyawan baru, maka network administrator perlu membuatkan sebuah akun baru (dengan hak akses yang telah ditentukan) untuk dapat mengakses jaringan.
·       Email merupakan salah satu tipe network service yang mungkin telah seringkali Anda gunakan. Dengan menggunakan layanan email, Anda dapat berkomunikasi – berkirim pesan dengan pengguna jaringan lainnya secara mudah.
·       Shared printing akan memungkinkan Anda untuk berbagi penggunaan printer pada jaringan, sehingga semua pengguna jaringan memiliki akses pada printer yang sama.
·       System administration, adalah kemampuan untuk mengontrol semua workstation dari sebuah lokasi pusat. Tanggung jawab system administration dipegang oleh seseorang yang memiliki predikat sebagai network administrator.

Dilihat dari fungsinya, server dibagi menjadi dua jenis:
1. Dedicated Server
Merupakan jenis server yang murni berfungsi sebagai server dan tidak dapat digunakan sebagai client. Untuk melihat apakah suatu server merupakan server dedicated dapat dilihat dari sistem operasi yang dijalankannya, misalnya Novell Netware atau Windows NT. Oleh karena server dedicated memiliki beban kerja yang berat maka spesifikasi yang dimilikinya harus lebih canggih daripada komputer client.
Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa dedicated server adalah  server jaringan yang dirancang untuk menyediakan sebuah layanan khusus. Sebagai contoh, jika sebuah komputer ditugaskan hanya untuk layanan database, maka komputer tersebut disebut “database server”.

2. server nondedicated
Merupakan server yang selain berfungsi sebagai server juga bisa berfungsi sebagai client. Dalam hal ini, semua komputer client memiliki peluang yang sama untuk dijadikan server. Jadi, semua client memiliki tingkatan yang sama dalam jaringan, tidak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi.
CLIENT/KLIEN
Klien adalah komputer di dalam jaringan yang terhubung ke server dan menggunakan network services (layanan-layanan jaringan) untuk melakukan tugas-tugas Klien.
Workstation
Sebuah workstation adalah sebuah node dalam jaringan yang lebih powerful dan bisa menangani pemrosesan informasi lokal atau pemrosesan grafik-grafik. Sebuah workstation biasanya memiliki hardisk yang kecil, murah untuk mengerjakan tugas-tugas lokal.
Beberapa worktstation-workstation yang tidak memiliki disk drive sendiri dikenal sebagai “diskless-workstation” atau “dumb terminals”
Node adalah setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan.
Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Macam-macam Network Service
Network Service atau Layanan jaringan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya merupakan layanan yang diberikan oleh server kepada klien di dalam sebuah jaringan komputer untuk tujuan-tujuan tertentu. Umumnya network service ini diterapkan pada jaringan komputer Client-Server. Dimana pihak yang memberikan layanan disebut sebagai server dan pihak yang meminta layanan disebut sebagai Klien.  Netwok Service biasanya bekerja berdasarkan  pada protocol yang ditetapkan seperti IP,TCP dan UDP.
Adapun perangkat lunak network service atau biasa disebut “service software” biasanya diinstal pada komputer server untuk meyediakan layanan-layanan jaringan. Layanan perangkat lunak sering merujuk pada atau berhubungan dengan sebuah port, daemon atau listener.
Contoh sebuah aplikasi server misalnya adalah “Samba”.
Samba merupakan salah satu aplikasi yang sangat powerful untuk server. Aplikasi samba dapat membuat sistem berbasis UNIX (seperti Linux) melakukan sharing resource dengan sistem berbasis Windows. Hal tersebut sangat berguna pada sebuah LAN yang terdiri atas beberapa workstation dengan platform sistem operasi Linux dan Windows. Samba juga menyediakan layanan berbagi pemakaian (sharing) untuk file di server, sehingga dapat diakses oleh banyak client pada satu waktu bersamaan.
Beberapa Komponen Penting dari Samba
1. smbd
Merupakan samba daemon yang menyediakan layanan file dan print untuk klien seperti Windows 95/98, Windows NT, Windows for Workgroup, atau LanManager. Smbd adalah daeomon yang secara nyata menangani servis sharing file sistem dan printer untuk klien.
2. nmbd
Nmbd adalah samba daemon yang menyediakan layanan nameserver NetBIOS dan fungsi penjelajahan NetBIOS. Daemon nmbd bertanggung jawab untuk menangani permintaan server name NetBIOS.
3. smbclient
Merupakan program yang mengimplementasikan aplikasi klien seperti ftp, berfungsi untuk mengakses data file/print yang di-share di Windows 95/98. smbdclient adalah klien yanag bisa “berbicara” ke SMB/CIFS server. Ia menawarkan sebuah antarmuka yang mirip dengan program ftp. Operasi mencakup hal-hal seperti mendapatkan file dari server komputer local, meletakkan file dari komputer lokal ke komputer server, direktori mengambil informasi dari server, dan sebagainya.
4. smbpasswd
Smbdpasswd adalah utility yang berfungsi sebagai password yang terenkripsi, baik di dalam samba sendiri maupun di dalam untuk koneksi ke password Windows NT. Smbpasswd memperbolehkan user untuk mengubah password mereka yang telah terenkripsi dan disimpan dalam file smbpasswd (biasanya disimpan di direktori swasta di bawah hierarki direktori samba). Ordinary pengguna hanya dapat menjalankan perintah tersebut tanpa opsi. Hal ini akan mendorong mereka untuk membuat password lama, lalu meminta mereka untuk membuat password baru dua kali, untuk memastikan bahwa password baru diketik dengan benar. Password tidak akan bergema di layar ketika sedang ditik. Jika ada password kosong (ditentukan oleh string “NO PASSWORD” dalam file smbdpasswd), maka tekan tombol <Enter>ketika ditanya password lama.


Layanan Utama Sebuah Jaringan (Five Network Services)
1.File Services
Layanan ini disediakan oleh sebuah File Server. Layanan ini termasuk di dalamnya layanan untuk transfer file, migrasi data, update file, sinkronisasi dan achieving. Sebuah File server merupakan server yang menyediakan berbagai file-file yang diperlukan oleh klien, seperti Driver, OS, Office, Dokumen, dan lain-lain untuk di-instalasi pada masing-masing komputer. File tersebut dapat diakses melalui File Transfer Protocol via internet oleh masing-masing klien, sehingga menghemat ruang penyimpanan di PC Client.
2. Web Service
Layanan web atau web service membutuhkan sebuah web server yang bertugas sebagai “wadah” atau didedikasikan pada sebuah konten web tertentu(misal:www.unp.ac.id), sehingga user yang terkoneksi internet dapat mengakses  berbagai konten informasi di sana. Web Server digunakan pada sebuah situs yang memiliki hit tinggi (sering diakses), sehingga diperlukan sebuah unit server terpisah (dedicated) agar “trafik akses” menjadi lancar.
Agar dapat berfungsi sebagai web server, sebuah server web perlu untuk diinstalkan aplikasi seperti Apache atau ISS(Internet Information Sharing). Sedangkan hardware yang digunakan untuk web server dapat menggunakan hardware yang disediakan oleh Extron, Hewlett Packard, IBM, atau pun Fujitsu, tergantung dari besarnya storage dan kecepatan yang dibutuhkan.
Contoh web server, antara lain:
a) EXTRON NetSistem 330A (S333)
b) HP ProLiant ML150G6-131
c) HP ProLiant ML350G6-246
d) HP ProLiant ML110G5-SATA
e) IBM Sistem X3100-42X
f) IBM Sistem X3400 – A2A
3. Printing Services
Pada layanan ini sebuah server menyediakan akses kepada klien untuk menggunakan perangkat printer yang berharga.
4. Message Services
Layanan ini memfasilitasi email, voice mail dan mengkoordinasi aplikasi-aplikasi berorientasi objek.
5. Application Services
Layanan-layanan uni menyediakan untuk pemusatan penggunaan aplikasi-aplikasi ‘high profil’ untuk menaikkan daya guna dan skalabilitas.
6. Database Services
Layanan ini termasuk koordinasi dari distribusi data dan replikasi. Perangkat yang dibutuhkan adalah sebuah database server, yaitu komputer yang digunakan untuk menyimpan data. Database server terdiri atas dua komputer, satu disediakan untuk hubungan dengan konsumen dan supplier, lainnya untuk koneksi dengan cabang. Database server menggunakan Oracle, DB2, atau Microsoft SQL Server, tergantung kebutuhan data. Database server dapat  menggunakan hardware yang disediakan oleh IBM atau Extron, tergantung dari besarnya storage dan kecepatan yang dibutuhkan, seperti :
a) EXTRON NetStorage R2120C2 (WS1TA), dengan kapasitas penyimpanan 12TB
b) EXTRON NetStorage R2120C2 (WS50A), dengan kapasitas penyimpanan 6TB
c) IBM 172622X
Selain Layanan-layanan di atas,  masih banyak lagi layanan-layanan lain seperti:
1. DHCP
2. DNS Service
3. Otentikasi servis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar